Beranda > Koputer > MERAKIT KOMPUTER

MERAKIT KOMPUTER

A.MEMERIKSA KELENGKAPAN KOMPONEN

Setelah membeli semua komponen komputer sesuai dengan keinginan, langkah selanjutnya adalah merakit komputer.Sebelum merakit komputer, sebaiknya periksa semua komponen.Jangan sampai ada beberapa komponen terlewatkan pada saat merakit.Terkadang, langkah ini di sepelehkan bahkan terlupakan.Akibatnya,komputer hasil rakitan kurang sempurna,bahkan tidak hemat waktu karna “mau tidak mau” harus kembali ke toko komputer untuk membeli peralatan atau komponen yg belum ada.Luangkan waktu anda beberapa saat untuk memeriksa kembali dan mencatat kelengkapan komponen yg di butuhkan sebelum mulai merakit komputer.

Analisa prosedur

-tingkat kesulitan:kecil

-faktor risiko:kecil

-hardware yg di butuhkan:*lihat yg di bawah

-software yg di butuhkan:*lihat yg di bawah

-waktu yg di butukan:10 menit.

-catatan:jangan pernah menyepelehkan unntuk memeriksa kelengkapan, ketika rusak,hilang,atau terlupakan,justru akan merepotkan diri sendiri.Sesuaikan komponen dengan target terakhir penggunaan komputer.Setidaknya,ini akan menghemat pengeluaran anda.

a.periksa kelengkapan komponen utama

Komponen utama komputer sebagai berikut.

1. CASING

sebelum membeli,pastikan kondisi dus dalam keadaan baik,tidak rusak,sobek,ataupun penyok.Apabila casing sepakat dengan power suplly dan kipas pendingin,mintalah kepada penjual untuk mengetes kerja power supply dan kipas pendingin.Cek juga kelengkapan baut-baut casing. Setelah semuanya ok, Anda bisa memutuskan untuk membelinya.

2.MOTHERBOARD

pastikan kelengkapan motherboard sebelum membelinya,kabel data,masker motherboard,driver,buku panduan(manual book),dan buat dudukan casing.Pastikan secarah seksama kondisi motherboard tidak ada yg patah,penyok,atau kondisi abnormal lainya.

3.PROCESSOR

sebelum membeli, pastikan kondisi processor dalam keadaan baik atau tidak rusak. Perhatikan spesifiksi chip processor secara seksama.Biasanya, processor sepekat dengan heat sing dan kipas processor.Pastikan chip processor dilindungi oleh “cangkang” atau pin processor.Pada saat membukanya, periksa apakah ada pin yg bengkok atau rusak.JANGAN SEKALI-KALI MENYENTUH ATAU MERABA PERMUKAAN PIN PROCESSOR!!!!

4.MEMORY

Sebelum membeli, pastikan tipe RAM sesuai dengan tipe slot yg tersedia pada motherboard,apakah jenis slotnya adalh SDRAM, DDR SDRAM,atau DDR2 SDRAM.Tegnologi teknik slot RAM motherboard telah mengadopsi tegnologi DDR2 SDRAM.

5.VGA CARD
Periksa VGA card secara hati”! pastikan kondisi VGA card baik dan disertai dengan buku panduan dan CD driver.

6.FLOPPY DISK DRIVER (JIKA DIBUTUHKAN)
Pastikan kondisi pin di bagian belakang driver dalam keadaan lurus, tidak bengkokataupun tidak rusak.Perangkap floppy disk driver sifatnya tidak wajib.Anda bisa saja tidak membutuhkan perangkat ini.

7.HARD DISK
Periksa kondisi hard disk ! pastikan tipe dan ukurannya sudah benar.Jangan pernah menyentuh bagian board pengontrolnya.

8.DVD/CD-ROM/RW-Drive!
Periksa kondisi perangkat DVD/CD-ROM/RW-Drive!
Agar efesien, sebaliknya anda memilih perangkat DVD RW karena faktor multi-purpose untuk membaca dan menulis data berformat CD &DVD. Periksa kelengkapan perangkat DVD/CD-ROM/RW drive seperti kabel audio CD (dihuungkan ke dalam sound card) dan CD driver.

9. SOUND CARD
Apabila motherboard tidak terdapat perangkat sound card terintegrasi,Anda perlu membeli perangkat secara terpisah.Pastikan sound card disertai CD driver dan buku panduan.Periksa kondisi fisik sound card.

10. LAN, NETWORK,atau wireless card(jika di buthkan)
periksa kondisi LAN atau network card secarah teliti,apakah ada kerusakan fisik atau tidak. Periksa juga CD driver dan buku panduan.

11.Modem
Pastikan modem dalam kondisi baik dan di sertai CD driver dan buku manual.

12.Mouse
Pilih sesuai port komputer, apakah menggunakan port serial, PS/2, atau USB.

Tip:
U
ntuk mengecek kondisi mouse, uji cobakan mouse melalui komputer yg sudah bekerja atau telah terdapat sistem oprasi.

13.Keyboard
Pilih keyboard sesuai port komputer, apakah menggunakan port serial,PS/2,atau USB.

Tip:
Untuk mengecek kondisi keyboard, uji cobakan keyboard melalui komputer yg sudah bekerja atau telah terdapat sistem oprasi.

14.Monitor
P
eriksa kondisi monitor! Pastikan monitor disertai dengan buku panduan,kabel power,kabel data,dan CD driver.

Tip:
Untuk megecek kondisi monitor, uji cobakan monitor melalui komputer yg sudah bekerja atau telah terdapat sistem operasi.

Iklan
Kategori:Koputer Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: